WHAT'S NEW?
Loading...

Perbedaan Quick Format dan Format, Lebih Baik Mana?

Inilah Perbedaan Quick Format dan Format, Harus Pilih yang Mana?

Sistem Kerja Sebuah File

rak buku
Sebelum menuju jawabannya, kamu harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana sebuah sistem file bekerja. Ketika kamu hanya menghapus file dari flashdisk atau harddisk komputer, sebenarnya file tersebut belumlah terhapus sepenuhnya. Ketika kamu menambahkan file baru ke rak, barulah file lama akan diganti dengan file baru. Seperti itulah sistem file bekerja.

Apa yang Terjadi Saat Memilih Format Penuh?

format-hard-drive
Sudah paham dengan pembahasan di atas? Sekarang kita bahas pembahasan teknisnya ya. Pilihan Format Penuh pada flashdisk atau harddisk memungkinkan file akan dihapus sepenuhnya dan drive akan memeriksa apakah mengalami bad sector atau tidak. Jika ditemukan adanya bad sector, maka akan diperbaiki. Jika berhasil, penyimpanan bakal sehat lagi dan tercipta tabel file system baru pada penyimpanan. Inilah kenapa, proses Format lebih lama dibandingkan dengan Quick Format.
Bad sector adalah suatu tanda yang menyatakan bahwa ada bagian tertentu dari fisik perangkat keras yang mengalami kerusakan sehingga tidak digunakan lagi. Tanda bad sector biasanya dibuat pada saat memformat perangkat keras oleh program diagnosa. Sumber Wikipedia.

Bagaimana Quick Format?

quick format
Alih-alih menghapus semua data, Quick Format hanya menghapus sistem file dalam arsip. Data lama masih tetap ada, dan akan terhapus jika tertimpa file baru. Dengan Quick Format, kita tidak bisa mengetahui kalau flashdisk atau drive terjadi bad sector. Jadi, saat kamu melakukan install atau memasukkan file saat terjadi bad sector maka data akan corrupt atau rusak.
Sederhananya adalah ketika kamu melakukan Format Penuh, maka drive atau flashdisk akan seperti dihancurkan dan dibangun lagi mulai dari awal. Memastikan bahwa segala sesuatunya berjalan dengan baik. Ini bertujuan agar harddisk atau flashdisk dapat membangun seluruh struktur file dan memastikan tidak ada bad sector. Dengan Format Penuh akan membawa komputer kamu untuk hidup lebih panjang.

Kesimpulan, Lebih Baik Format Penuh Dibanding Quick Format

perbedaan quick format dan format
Dari penjelasan di atas, bagaimana pun kondisinya, Jaka sangat menyarankan untuk memilih Format Penuh dibandingkan dengan Quick Format. Apalagi ketika untuk install ulang komputer atau menghapus virus pada flashdisk.

Sourche: Jalantikus.com

0 komentar:

Posting Komentar